Backpacking keliling Jawa *JAKARTA*

“dengan berbekal nekat, semangat, dan tentunya modal. akhirnya saya melakukan perjalan keliling jawa yang sudah lama saya nantikan”

dari awal saya sudah merancang keberangkatan saya untuk backpacking keliling jawa dari tahun 2008. saya sudah mempersiapkan diri saya dengan mebaca buku tentang travelling, situs-situs para backpacker, dan sibuk mencari teman perjalanan. moment yang pas untuk keberangkatan saya hanya pada saat semester pendek di kampus. alhasil, saya rela tidak mengikuti semester pendek dengan dukungan orang tua saya, karena uang semester pendek di kampus saya naik 50% hehe🙂. sebelumnya, saya dan teman-teman pers nasional juga merencanakan hal yang sama. tapi karena kesibukan teman-teman tersbut niatan itu gagal. dengan pertimbangan yang matang, akhirnya saya memutuskan untuk backpacking sendiri. haha memang keputusan yang nekat, mengingat saya ini perempuan, berjilbab, berbadan kecil, dan blablabla. tapi bukan saya kalo tidak seperti ini hehe :p. biasanya orang tua saya tidak mengizinkan saya untuk keluar palembang sendirian. tapi karena ada misi tertentu dari orang tua saya, akhirnya restu pun saya dapat😀 akhirnya saya pun berangkat dengan diantar oleh keluarga dan teman-teman saya yang saya tau mereka gak tega buat ngelepas saya😛.

tujuan pertama  saya adalah JAKARTA.

karena dari awal saya memang ingin meransel. otomatis saya mencari angkutan yang paling murah ke jakarta. setelah mencari informasi kesana kemari saya mendapat informasi kalau tiket pesawat mahal karena liburan sekolah. biasanya, tiket pesawat dari palembang ke jakarta cuma 200ribuan, bahkan kalu ada promo, 150ribu kita sudah bisa sampai ke jakarta . tapi waktu liburan sekolah tiket pesawat paling murah 300ribuan sampai satujutaan. akhirnya saya memutuskan untuk naek bus. harga tiket bus juga bervariasi, untuk bus eksekutif ke jakarta dipatok harga 250ribu sedangkan untuk bus bisnis 165ribu. tanpa pikir panjang lagi (pasti) saya memilih bus bisnis karena selain fasilitasnya gak jauh beda dengan bus eksekutif. yang berbeda mungkin hanya kursi yang (sedikit) nyaman, AC yang (agak) dingin, dan dapet potongan makan (sebenernya ini yang agak penting hehehe).

jam satu siang saya pun berangkat dari terminal Karya Jaya Palembang menggunakan bus Kramadjati yang saya percaya mengantarkan saya ke tempat tujuan. untungnya saya mendapatkan teman duduk seorang mahasiswi asal palembang yang kuliah di jakarta, namanya desy. lumayanlah untuk teman berbagi cerita selama dijalan dan dikapal. dalam perjalanan akan ada dua kali pemberhentian untuk makan. jam 4 sore dan jam 9 malam. waktu tersebut bisa kita manfaatkan untuk makan, mandi, meluruskan badan dan charger handphone. ini sangat menjadi penting apabila kita tidak membawa baterai dobel atau bagi orang yang tidak sempat mencharge handphonenya saat akan pergi. mau tidak mau HP sangat penting untuk saya dalam melakukan perjalanan untuk sekedar memberikan kabar kepada keluarga dan orang yang akan menjemput saya nanti.

sekitar jam 12an bus sudah memasuki pelabuhan bakauheni, ini artinya “saatnya naik kapal” hal yang paling saya nanti-nanti! bagi yang tahan asap boleh saja tinggal dibus. atau yang ingin menghirup udara, merasakan angin laut, dan melihat indahnya malam dilaut sangat disarankan untuk kaluar dari bus.

(bersambung dulu..)

6 Tanggapan to “Backpacking keliling Jawa *JAKARTA*”

  1. ini neeh perempuan yang saya cari, mau keliling jawa. wah kalo aku tahun 2004 kemarin ya lumayan dapet pengalaman baru.

    Tipsnya ya untuk berbagi neeh

    wah ga jadi ngasih tips ah karena perjalanan dikau sudah terjadi ya

  2. huhuuu
    liaaa
    doakan saia yah biar bs keliling2 jg

  3. eh kalo dari jakarta ke palembang berapaan? sm kayak dari palembang ke jakarta? kalo sgitu gw pngen ke palembang. hahaha

    • petualangimut Says:

      ya iyalah dol??
      malah bisa lebih murah klo lo ke lampung dulu.
      naek kereta ekonomi dari lampung cuma 15ribu.
      buruan kepalembang, gw tunggu!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: